SELAMAT DATANG DI AFIF BLOG

Subscribe:

Kamis, 09 Agustus 2012

UAS Semester 2 ( Interaksi Manusia dan Komputer )

JAWABAN SOAL UAS Semester 2 Mata Kuliah Interaksi Manusia dan Komputer


1. Pada saat anda membangun sebuah interface, hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam hal tata letak menu ?

Jawab:
  • 1. Konsistensi penempatan menu, artinya menu dan navigasi tidak boleh berubah-ubah letaknya di  masing-masing page.
  • 2. Kesederhanaan, penempatan menu tidak boleh berlebihan, dibuat sesederhana mungkin baik ukurang, warna maupun ruang yang dibutuhkan.
  • 3. Penempatan menu-menu yang ‘umum’ harus mengikuti kaidah umum missal menempatkan tombol NEXT berada disebelah kanan tombol PREVIOUS
  • 4. Simbol harus sesuai dengan fungsi tombol.

2. Jelaskan Keunggulan dari masing-masing jenis interface (GUI, CLI, VUI)

Jawab:

a. Keunggulan GUI (Graphical User Interface)
  • Mudah dipelajari oleh pengguna yang pengalaman dalam menggunakan komputer cukup minim, karena user dihadapkan pada gambar, icon, symbol sehingga masing-masing fungsi gambar tersebut lebih mudah diingat
  • Tidak perlu mengingat baris-baris perintah
  • Tampilan menarik sehingga pengguna akan lebih mudah dalam menggunakan, factor psikologi berberan besar dalam menimbulkan semangat dan minat untuk berinteraksi.
  • Saat ini GUI sudah sering digunakan sehingga komponen yang sebenarnya membutuhkan spesifikasi lebih tinggi (dibanding CLI) akan menjadi tetap murah harganya.
  • Berpindah dari satu layar ke layar yang lain tanpa kehilangan informasi dimungkinkan
  • Akses penuh pada layar dengan segera untuk beberapa macam tugas/keperluan
b. Keunggulan CLI (Command Line Interface)
  • Membutuhkan spesifikasi hardware yang jauh lebih rendah disbanding GUI
  • Dapat melakukan perintah yang lebih spesifik yang tidak bisa dilakukan oleh GUI.
  • Akses cepat.
  • Berpindah dari satu layar ke layar yang lain tanpa kehilangan informasi
c. Keunggulan VUI (Voice User Inverface)
  • Cepat. Teknologi ini mempercepat transmisi informasi dan umpan balik dari transmisi tersebut. Contohnya pada komando suara. Hanya dalam selang waktu sekitar satu atau dua detik setelah kita mengkomandokan perintah melalui suara, komputer sudah memberi umpan balik atas komando kita.
  • Mudah digunakan. Kemudahan teknologi ini juga dapat dilihat dalam aplikasi komando suara. Komando yang biasanya kita masukkan ke dalam komputer dengan menggunakan tetikus atau papan ketik kini dapat dengan mudahnya kita lakukan tanpa perangkat keras, yakni dengan komando suara.
  • Bisa digunakan oleh orang dengan keterbatasan, misal orang yang tuna netra, orang cacat tubuh dibagian tangan.
  • Faktor keamanan jauh lebih tinggi
  • Pada keadaan tertentu bisa sangat menguntungkan dengan sifat yang ‘direct access’
  • Komunikasi antara manusia dan komputer dapat berlangsung secara lebih efisien karena metode komunikasi antara manusia dan komputer dengan menggunakan media suara.
  • Dalam pengoperasian komputer akan menjadi lebih praktis karena hanya membutuhkan suara saja dan tidak perlu menggerakkan tangan.
  • Kita bisa memasukkan input atau melakukan suatu perintah dengan menggunakan suara kita yang berupa frase-frase tertentu.
  • Kita dapat mengoperasikan komputer dari tempat yang jauh sekalipun asal suara masih dapat terdengar dengan jelas.
  • Karena mengunakan suara, kita dapat mengoperasikanatau memberiperintah dengan tidak melihat computer

3. Interface Pengenalan Alat Transportasi
Interface pembelajaran yang saya buat adalah sebagai berikut,






 untuk download hasilnya silahkan klik link berikut :

pengenalan transportasi pagi anak-anak 


4. Kajian tentang IMK

IMK, Interaksi Manusia dan Komputer merupakan bidang ilmu yang mempelajari hubungan manusia dengan komputer. Hubungan yang dimaksud adalah, penggunaan komputer oleh manusia. 
Tujuan utama IMK adalah untuk mempermudah user dalam mengoperasikan berbagai fasilitas, sofware komputer. 

Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan beberapa disiplin ilmu pengetahuan, antara lain:

1. Teknik elektronika & ilmu komputer
memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem HCI

2. Psikologi
memahami sifat & kebiasaan, persepsi & pengolahan kognitif, ketrampilan motorik pengguna

3. Perancangan grafis dan tipografi
sebuah gambar dapat bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dapat digunakan sebagai sarana dialog cukup efektif antara manusia & komputer

4. Ergonomik
berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman, misal : bentuk meja & kursi kerja, layar tampilan, bentuk keyboard, posisi duduk, pengaturan lampu, kebersihan tempat kerja

5. Antropologi
ilmu pengetahuan tentang manusia, memberi suatu pandangan tentang cara kerja berkelompok yang masing – masing anggotanya dapat memberikan konstribusi sesuai dengan bidangnya

6. Linguistik
merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Untuk melakukan dialog diperlukan sarana komunikasi yang memadai berupa suatu bahasa khusus, misal bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu, bahasa perintah

Diakhir perkuliahan IMK diharapkan setiap mahasiswa mampu merancang berbagai macam interface yang tepat guna, efisien dan mudah dipelajari.

0 komentar:

Posting Komentar

SEMUA WAKTU ADALAH WAKTU YANG BAIK UNTUK MELAKUKAN HAL YANG BAIK

follow me